Rincian Kosakata Bahasa Melayu Ambon dan Contoh Kalimat (Ayat)

A

Abang :

Kata ini dipergunakan untuk menyebut lelaki, khususnya di kalangan Muslim

Ada :

Selain untuk menerangkan eksistensi, juga berfungsi sebagai present continuous yang dalam bahasa Indonesia sama dengan ‘sedang’

Contoh :

Nyong Ba ada tidor : Abang Ba sedang tidur

Jang masu, mama ada mara : Jangan masuk, ibu sedang marah

Aér kabor :

Istilah ini selain juga untuk menyatakan ‘air keruh’, juga bermakna idiomatis yang bermakna ‘suasana kacau’

Contoh kalimat :

Beta su nanaku dia, kalo dia datang pasti aer kabor : aku sudah tandai dia, kalau dia datang pasti kacau.

Akang :

Fungsinya adalah sebagai pengganti kata ‘it’ dalam bahasa Inggris, dan susah diterjemahkan secara tepat. Tapi juga menjadi sufiks – kan…yang konon berakar dari bahasa Melayu dialek pulau Kalimantan

Contoh kalimat :

Ose taru akang disitu dolo : kamu taruh disitu dulu

Alé : kamu, anda, awak (gaya Malaysia)

Kata ini berasal dari bahasa Tana.

Contoh kalimat :

Ale mo pi mana sabantar sore? : Nanti sore kamu pergi kemana?

Aléng : lamban

Contoh kalimat :

Ada muda lai su aleng : masih muda sudah lamban

Amanisal : keranjang tempat mengumpulkan ikan

Contoh kalimat :

Beta dapa ikang gantar lai, os taru akang di amanisal

Amato : salam…

Konon berasal dari kata amo te dalam bahasa Portugis, yang makna aslinya ‘aku mencintaimu’, tapi didalam Melayu Ambon maknanya sama dengan salam penutup

Ambong : Ambon

Contoh kalimat :

Apa tempo se pi ka Ambong? : Hari apa kamu pergi ke Ambon?

Amper : hampir

Contoh kalimat :

Amper sa beta dapa bunu : hampir saja aku terbunuh

Ampong : ampun

Contoh kalimat :

Ai, ampong-ampong dia lai : Minta ampun deh dia

Ana : anak

Contoh kalimat :

Ao e, beta pung ana su lulus lai : Aiii, anakku sudah lulus

Ana kacupeng : anak kecil

Contoh kalimat :

Ana kacupeng tu tau babengkeng par orang tatua lai : anak kecil itu sudah pandai mengomel sambil bersungut-sungut kepada orangtua.

Anana : Anak-anak

Contoh kalimat :

Anana dong seng ada yang datang : anak-anak tidak ada yang datang

Anana ucing dong sekarang su banya pung HP : anak muda sekarang sudah ramai punya HP

Anana diwalang baganggu tarus : anak-anak di walang mengganggu terus

Angka : berangkat

Contoh kalimat :

Kapan os pi angka ka Gemba? : kapan kamu berangkat ke Gemba?

Antua : Beliau

Contoh kalimat :

Se su kastau antua ka apa? : kamu sudah beritahu beliau kah

Samua antua yang biking trus kalo seng ada antua, samua tu seng ada lai : Semuanya diciptakan oleh Dia, dan tanpa Dia semuanya tidak ada.

Kalo beta pulang telaat,, antua seng sono lai : kalau beta pulang lambat, beliau tidak tidur.

Arika : gesit, cergas, sejenis burung hutan

Contoh kalimat :

Beta pung ade paling arika : adikku paling gesit

Aso : suka ikut campur

Contoh kalimat :

Jang ba’aso kalo ada orang tatua ada dudu bicara : jangan mencampuri kalau ada orangtua tengah duduk bicara

Ator : atur

Contoh kalimat :

Ator bae-bae kamong pung barisan! : Atur baik-baik barisan kalian!

B

Ba’aso : suka itu campur

Contoh kalimat :

Jang ba’aso kalo orang tatua ada dudu bicara : jangan mencampuri kalau ada orangtua tengah duduk bicara

Babengkeng : mengomel sambil bersungut-sungut

Contoh kalimat :

‘Ana kacupeng tuh tau babengkeng par orang tatua lai’ = Anak kecil itu tahu mengomel sambil bersungut kepada orang tua lagi.

Bacarita : bercerita

Contoh kalimat :

Mari katong dudu bacarita disini sa : ayo kita duduk cerita disini saja

Bacico : sikap tidak tenang, bergerak kesana kemari

Contoh kalimat :

Beta su nanaku tu ana dar’tadi, dia bacico kasana kamari tarus : aku sudah tandai anak itu dari tadi, dia bergerak kesana kemari terus.

Badaki : kotor, berdaki

Contoh kalimat :

Ih, Ose paling badaki e, pi mandi suda! : Ih, kamu kotor banget dech, mandi sana!

Badang : badan

Contoh kalimat :

Dia pung badang basar e : badannya besar betul

Badansa : menari

Contoh kalimat :

Mari katong badansa rame-rame : mari menari sama-sama

Badaong : berdaun

Contoh kalimat :

Beta masi inga oras bet pung tete bacarita tentang batu badaong: Aku masih ingat waktu kakekku cerita soal batu berdaun.

Badara : berdarah

Contoh kalimat :

Lia Maria pung kaki, ada badara : Lihat kaki Maria, berdarah

Badiang : diam

Contoh kalimat :

Ale badiang jua lai, beta cuma mo tipu-tipu Tuangala: Kamu diam saja lah, aku cuma mau bohongi Tuhan

Badonci : bermusik

Contoh kalimat :

Ical tu paling pandai badonci : Ical tuh pandai bermusik

Bae : baik

Contoh kalimat :

Jang dudu disana sore-sore, tar bae : jangan duduk disana sore-sore, tidak baik

Eh, bae-bae, e : Hei, baik-baik

Antua mara par katong pung bae : Beliau marah demi kebaikan kita

Bagara : bergerak

Contoh kalimat :

Itu apa lai yang bagara-bagara dikusu-kusu? : apa itu yang bergerak-gerak di alang-alang?

Bahasa Tana : bahasa ibu, bahasa daerah, atau menurut pemahaman lain bahasa yang dituturkan dipedalaman

Contoh kalimat :

Bahasa Tana su banya yang ilang-ilang : bahasa daerah sudah banyak yang hilang.

Bajalang : berjalan

Contoh kalimat :

Jang bajalang tarus, beta lala e : jangan berjalan terus, aku lelah.

Bajualang : berjualan

Contoh kalimat :

Mo pi mana bu?, mo bajualang ampas tarigu : kamu mau kemana bung? Mau berjualan ampas terigu

Bakalai : berkelahi, marah-marah, bergaduh (istilah Malaysia)

Contoh kalimat :

Robet deng Thomas ada bakalai di jiku strat sana : Robert dan Thomas sedang berkelahi disudut jalan sana.

Bakanda : selingkuh, affair

Contoh kalimat :

Sio Obet lai, dia dapa tinggal dia pung maitua tagal bakanda : Kasihan si Obet, dia ditinggal istrinya karena berselingkuh.

Bakanor : berbicara sambil bersungut-sungut dengan suara tertahan dimulut

Contoh kalimat :

Oee ose bakanor apa di jiku rumah tuh?: Hai kamu bicara bersungut-sungut apa di pojok rumah?

B

Badoa : berdoa

Contoh kalimat :

Mari katong badoa voor ini bangsa : mari kita berdoa untuk bangsa ini

Baileo : balai pertemuan untuk pertemuan desa atau adat.

Contoh kalimat :

Dong ada demo di baileo negri malubeta : mereka sedang berunjukrasa dibalai negeri malubeta.

Bakasang : terasi atau belacan

Contoh kalimat :

Coba ale tamba akang tu bakasang : coba kamu tambahkan terasinya

Bakubae : damai, berdamai

Akar katanya dari kata baku (saling) dan bae (baik)

Contoh kalimat :

Dolo oras masi ada kerusuhan, katong cuma bisa bakudapa di pasar bakubae : Dulu waktu masih kerusuhan, kita hanya bisa jumpa di pasar damai.

Bakudapa : bertemu, jumpa

Akar kata dari baku (saling) dan dapat

Contoh kalimat :

Kamareng Nyong Ba ada bakudapa deng Susi di Karang Panjang : Kemarin Nyong Ba berjumpa Susi di Karang Panjang

Hari raya beso beta bakudapa deng beta pung sodara piara di Malesia : Hari raya besok, saya akan bertemu dengan saudara angkat saya di Malaysia

Baku malawang : melawan, bertengkar

Contoh kalimat :

Oee, jang baku malawang deng beta, nanti beta toki lai! : Hei, jangan melawan aku, kupukul kau nanti!

Balaga : berlagak

Contoh kalimat :

Jang balaga talalu di ini kampong : jangan berlagak dikampung ini

Lak’laki tu paling balaga : lelaki itu paling berlagak

Balagu : sikap tidak pasti antara suka dan tidak

Contoh kalimat :

Kalo Markus datang, Yohana paling balagu : Kalau Markus datang, Yohana bersikap antara suka dan tidak.

Beta mo tanya se, tapi se paling balagu : Aku ingin nyatakan cinta, tapi nona menunjukkan sikap antara suka dan tidak.

Bale : balik

Contoh kalimat :

Oma su bale ka seng? : Nenek sudah balik belum?

Bale muka : memalingkan muka

Contoh kalimat :

Dia biking beta bale muka tagal malu hati deng dia pung kalakuang : Dia buat aku memalingkan muka, karena malu dengan kelakuannya

Bali : beli

Contoh kalimat :

Kalo beta pi ka Surabaya, pasti beta bali baju voor anana dikampong : kalau saya pergi ke Surabaya, saya pasti beli baju untuk anak-anak dikampung.

Balisah : gelisah

Contoh kalimat :

Itu barita biking balisah satu kampong : berita itu membuat gelisah satu kampung

Baloleng : mengacu pada aktivitas jalan-jalan tanpa tujuan pasti, atau marah untuk kebaikan

Contoh kalimat :

Ose baloleng kemana ni? : kamu jalan kemana saja?

Balumpa : berlompatan, melompat

Contoh kalimat :

Tu anana ada balumpa-lumpa dipante : anak-anak itu berlompatan dipantai

Bamaki : memaki-maki

Contoh kalimat :

Ina Hatu bamaki Caca Wati di muka rumah : Ina Hatu memaki-maki Caca Wati di muka rumah.

Bandera : bendera

Berakar dari kata ‘bandeira’ yang merupakan kata Portugis

Contoh kalimat :

Kibar bandera oras hari mardika : kibar bendera waktu hari kemerdekaan

Bangka : bengkak, memar

Contoh kalimat :

Dong baku inja kaki sampe bangka-bangka : mereka injak-injak kaki sampai kaki bengkak.

Bapa : bapak, selain itu juga dipakai untuk menamai pendeta lelaki

Contoh kalimat :

Beta pung bapa su ada tunggu dimuka : Ayahku sudah menunggu didepan

Bapa Yohanes beso pi terbang ka Jakarta : Bapa Yohanes besok terbang ke Jakarta

Bapa raja : kepala desa, kepala kampung

Contoh kalimat :

Tuang Latuihamallo dapa tunju jadi bapa raja di ini kampong : Pak Latuihamallo ditunjuk jadi kepala desa di kampung ini.

Bapili : memilih (mengundi kata orang Malaysia)

Contoh kalimat :

Bapili sapa di pemilu 2009 nanti? : pilih siapa di pemilu 2009 nanti?

Barapa : berapa

Contoh kalimat :

Se bali barapa tu komputer? : Kamu beli berapa komputer itu?

Barenti : berhenti

Contoh kalimat :

Barenti e! jang masu dalang dolo! : berhenti! Jangan masuk kedalam dulu!

Beta sedi tagal beta musti barenti karja : aku sedih karena harus berhenti kerja

Barmaeng : bermain

Contoh kalimat :

Paling sanang beta barmaeng aer di Air Basar : Aku paling suka bermain air di Air Besar (air terjun di pulau Ambon)

Baronda : berkeliling

Contoh kalimat :

Malam-malam paling sadap baronda disini : Malam-malam paling enak berkeliling disini

Basar : besar

Contoh kalimat :

Camu pung ana su basar e : Anak si Camu sudah besar ya

Basena : bersenang-senang

Contoh kalimat :

Jang basena talalu, loko punggul sadiki-sadiki voor beso : jangan bersenang2 melulu, tabunglah sedikit untuk besok

Basena batunang : berpacaran

Contoh kalimat :

Acang deng Wati su basena batunang lama : Acang dan Wati sudah lama berpacaran

Basisou : suka menceritakan kejelekan orang lain

Contoh kalimat :

‘Jang pi dudu basisou disitu’ = Jangan pergi duduk untuk menceritakan kejelekan orang lain disitu.

Basudara : bersaudara, saudara

Contoh kalimat :

Katong samua basudara : kita semua bersaudara

Beta ada lima basudara : saya lima bersaudara

Batareak : berteriak

Contoh kalimat :

Ei, jang batareak o! Bet bisa pica talinga !: Heh, jangan berteriak! Telingaku bisa pecah

Batimbang : mempertimbangkan

Contoh kalimat :

Kalo mo bakaweng, musti batimbang bae-bae : kalau ingin menikah, harus dipertimbangkan masak-masak.

Batimbang sabala : pilih kasih, berat sebelah

Contoh kalimat :

Batimbang sabala tar bae voor anana pung perkembangan : pilih kasih tidak baik bagi perkembangan anak-anak

Baterek : mengganggu, mengejek

Contoh kalimat :

‘Ose kalo jadi kaka jang suka baterek ade-ade’ : Kamu kalau jadi kakak, jangan suka mengganggu adik-adik.

Batul : betul, juga dipakai untuk penyangatan

Contoh kalimat :

Gaga batul e! : gagah banget!/ keren banget!/ lawa sangat!

Bawarmus : Istilah untuk menyuruh orang menghabiskan pekerjaannya sampai tuntas, tapi terserah orang tersebut

Contoh kalimat :

Loko pi bawarmus nasi kuning sana la se diam disitu : pegang dan selesaikan masak nasi kuning saja biar kamu diam disitu.

Bembeng : bimbing

Contoh kalimat :

Dia tu masi kacil, harus kas bimbing bae-bae : dia itu masih kecil, harus dibimbing dengan benar.

Bendar : kota

Contoh kalimat

Pi ka bendar ka seng? : pergi ke kota nggak?

Beta : saya, aku

Dalam semua situasi kata ganti ‘saya’ dan ‘aku’ bermakna ‘beta’. Dalam bahasa Melayu Ambon, Kupang dan Banda, ‘beta’ dipakai untuk bahasa sehari-hari. Berlawanan dengan penggunaan ‘beta’ dalam bahasa Melayu dibarat yang dipakai raja-raja.

Contoh kalimat :

Beta pung nama Ana : nama saya Ana

Kas beta satu e : beri saya satu

Dia pung kata biking beta jumawa : kata-katanya membuatku sangat marah

Biden : berdoa

Berasal dari bahasa Belanda ‘bidden’

Contoh kalimat :

Oma Yohana ada biden-biden di gareja skarang : Nenek Yohana sedang berdoa di gereja sekarang.

Biking : bikin, membuat, menyebabkan

Contoh kalimat:

Ini asida paling sadap e, sapa yang biking akang? : Kue asida ini enak sekali, siapa yang membuatnya?

Bisi-bisi : bisik-bisik

Contoh kalimat :

Ssst, jang kras-kras, katong bisi-bisi sa : Ssst jangan keras-keras, kita bisik-bisik saja.

Blakang : belakang

Contoh kalimat :

Dia ada di jiku blakang : dia ada dipojok belakang

Bobou : bau

Contoh kalimat :

Paling bobou ose lai, pi mandi sana suda! : Kamu bau betul, mandi sana!

Bodo : bodoh

Contoh kalimat :

Bodo-bodo biking susa hidup lai : bodoh-bodoh buat hidup susah

Botol manci : sejenis setan

Contoh kalimat :

Oras beta masih anana ucing, orang tatua suka bacarita tentang botol manci : Waktu aku masih anak-anak, orangtua suka cerita tentang botol manci.

Bu : panggilan untuk laki-laki, sama dengan bang, bung, mas, dst

Contoh kalimat :

Bu Sunday : Bung Sunday

Bu Cano : Bung Cano

Bulang : bulan

Contoh kalimat :

Bulang apa skarang? : bulan apa sekarang?

Bulang trang : bulan purnama

Contoh kalimat :

Wer ada bae e, apalai ada bulang trang, sadap par dudu-dudu hotu: Cuaca baik nih, apalagi ada bulan purnama, enak untuk duduk-duduk diluar

Bumbungan kapala : ubun-ubun

Contoh kalimat :

Panas mati lai, sampe bumbungan kapala : panas banget nih, sampai ubun-ubun

Burong kondo : bangau

Contoh kalimat :

Tarada burong kondo disini : tidak ada burung bangau disini

Burong Pombo : burung merpati

Contoh kalimat :

Burong Pombo tamasu burong yang tar suka bakanda : burung merpati termasuk burung yang tidak suka berselingkuh.

Busu : busuk

Contoh kalimat :

Biar tasimpan jua, bangke busu pasti bobou : biar disimpan juga, bangkai busuk pasti muncul baunya

Busu-busu : jelek-jelek

Contoh kalimat :

Busu-busu, nona ambong jua lai : Jelek-jelek gadis ambon lah

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: